Rabu, 02 April 2014

BUSINESS LETTER - B.INGGRIS BISNIS 2

NAMA          :          FIRLI SISYATUN NISA

NPM            :          1A21141

TUGAS        :          B. INGGRIS BISNIS 2




Contoh Business Letter

1. Sender  Address
Pada bagian surat ini terdapat nama pengirim dan alamat pengirim di tulis pada bagian sisi atas kanan pada bagian surat.


2. Date
Bagian date ini berisikan tanggal pembuatan surat, denagn fortmat penulisan tanggal adalah tanggal/bulan/tahun, misalkan 20 oktober 2009


3. Receiver’s Address
Pada bagian ini berisi nama penerimaan surat, jabatanya, dan nama perusahaannya disertai alamatnya. Jika kamu tidak yakin untuk siapa (nama) surat tersebut ditujukan, jangan kosongkan, tetapi coba untuk mengunakan jabatannya, seperti “The Human Resource Manager”.

4. Inside Address
Bagian ini berisi nama penerimaan surat, jabatanya, dan nama perusahaannya disertai alamatnya. Jika kamu tidak yakin untuk siapa (nama) surat tersebut ditujukan, jangan kosongkan, tetapi coba untuk mengunakan jabatannya, seperti “Director of Human Resources”. Beri jarak antara tanggal dengan penerima.

5. Solutition
Dalam bagian ini, istilah yang digunakan adalah “Dear Mr./Mrs./Ms. (nama terakhir penerimaan)”, misalkan “Dear Mrs. Juwita”. Tetapi jika nama penerimanya tidak dikethui, tulis nama departementnya, misalkan “Dear The Human Resource Manager”.

6. Body Of Letter
Isi surat merupakan tempat dimana kamu menuliskan hal yang ingin disampaikan. Paragraph di isi surat harus menggunakan spasi tunggal (single space) dan tanpa adanya jarak pemisah antara masing-masing paragrap. Beri jarak antara bagian akhir isi dengan penutup.
7. Complimentary Close

Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda telah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebagainya. Catat, Terdapat sebuah koma di akhir penutup dan hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital. Beri jarak 3-4 baris antara penutup dengan nama, yang nantinya diguankan untuk tempat tanda tangan.

8. Signature ( Tanda Tangan )
Bagian ini adalah tanda tangan penulis, biasanya menggunakan tinta warna hitam atau biru.

JENIS JENIS SURAT BISNIS
Surat bisnis merupakan bagian penting dari korespondesi bisnis. Format yang digunakan untuk menulis surat perusahaan dengan cara tertentu agar memberi kesan bagi pembaca. Sebuah format sederhana dari surat membantu menyapaikan pesan dengan jelas kepada pembaca.
Pada jenis ini Business Letter biasanya berada pada rata kiri seperti letter head, date, inside address, subject, salutation, body of letter, complementary close, signature atau secara keseluruhan formatnya berada pada posisi rata kiri.
Full-Block Format



SHOP TWO BALL
Surya Kencana road 16
BOGOR


7 April 2007

Number01/A/IV/05

Attachment-

about

: Write ABC Books

The CV"Self-Reliance"
Roads  A. Yani 21
JAKARTA

With respect.

Of advertisements published in the Daily Rays of Hope, published 3 months we read that the Lord has sufficient

Write ABC book inventory with HVS contains 50 and 60 pages.

Therefore, the ad only describes the sale "specials" then the statement that we ask Mr. likes to give further details about the intended priceIt's about how we need to ask the price and how about the cut or the premiums that we can get, if we buy in bulk.

Should the terms of which are satisfactory and we agreethen we will order at least 30 crates of each

Mr. types of goods that offer.

We sincerely wait for information as soon as possible siruntil we can arrange orders will be sent

immediately.

Sincerely,

SHOP TWO BALLBejon
Director / tri



Semi-Block Format
Dalam format ini, semua teks sejajar kiri dan semua paragraf dalam surat ini adalah indentasi. Format bentuk surat ini ialah letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata kanan. Dilayout tidak rata kanan tapi dibilang rata tengah. Bagian lain pada surat seperti inside address, subject, salutation, body of letter, maupun enclosure jika terdapat lampiran surat berada pada rata kiri.
Semi-Block Format



JAYA ACCOUNTING FIRM
Abhimanyu Jalan 12
JAKARTA CENTRE
7 April 2007
Number1.B/IV/2007
Attachment-

SubjectExamination Books
CV. "Great work"
Raden Saleh 14
BANDUNG
Sirs,

Reply to a letter Mr. weeks ago, we hereby proclaim that the report of the Expert Examiner Trade Books we have sent to Mr. one month ago. The report may not be up to the Lord.

Such turns in the Balance Master profits in 2003 amounted to USD 120 million. We consider this advantage is less substantial, given the state of Sir CV substantial and memuskan. We dare to make sure that the gains in the coming year could reach 10% if performed more thoroughly. Outposts such costs would be lowered by several hundred thousand dollars.

Furthermore we suggest that a capital increase sirs considering the results

that Mr. gained in the past year was difficult to find the necessary capital.

Accordingly our suggestions briefly, to explore all parts of the CV. our host

invite read the last report.


Sincerely,Bejon

leadership






Modified-Block Format

Format ini memiliki bagian-bagian yang tidak diimbangi yaitu teks sejajar di sisi kiri atas. Hanya alamat penulis, tanggal (di layout rata kiri) dan surat penutup bergeser ke tengah atau samping kanan kertas.


JAYA ACCOUNTING FIRMAbhimanyu Jalan 12JAKARTA CENTRE
7 April 2007

 
Number : 1.B/V/2007 7 April 2007Attachment : -

Subject : Notice

CV . " Great work "Raden Saleh 14BANDUNGSirs ,Reply to a letter Mr. weeks ago, we hereby proclaim that the report of the Expert Examiner Trade Books we have sent to Mr. sa - tu months ago . The report may not be up to the Lord .Such turns in the Balance Master profits in 2003 amounted to USD 120 million . We consider this advantage still not big enough , given all the circumstances Mr CV substantial and memuskan . We dare to make even wa gains in the coming year could reach 10 % over if Scruffy - lankan more thoroughly . Outposts such costs would be lowered by several hundred thousand dollars .Furthermore we suggest that a capital increase 
sirs remember Mr. results obtained in the past year was difficult to find the necessary capital .Accordingly our suggestions briefly , to explore all parts of the CV . our hosttrakhir invite read the report .



 
SincerelyJAYA ACCOUNTING FIRMBejon
leadership


Indented Style
Pada format ini setiap baris pertama pada awal paragraf dimulai dengan beberapa spasi dari sebelah kiri, jarak spasi biasanya 1 cm. Penulisan inside address dan bagian signature dilakukan identasi. Besarnya identasi pada setiap baris berbanding lurus dengan urutan baris tersebut. Misalnya baris pertama tidak dilakukan identasi, pada baris kedua dilakukan identasi 0,5 cm, pada baris ketiga juga dilakukan identasi 1 cm.
Hanging Style
Memiliki format paragraf menggantung atau lebih condong ke kiri. Bentuk surat ini pada letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata tengah surat. Bagian yang lain pada surat seperti inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Dan pada hanging style awal paragraf tidak berspasi.


Sumber: http://duanpuri.wordpress.com/2010/11/01/bentuk-bentuk-surat-fu/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar