Jumat, 10 Mei 2013

TREND GADGET DI KALANGAN MAHASISWA - BAHASA INDONESIA 2


11.      PENDAHULUAN

Memang tidak bisa dihindari lagi di era globalisasi ini manusia sudah bergantung dengan teknologi, karena teknologi yang semakin bagus dan canggih. Contoh saja hal yang paling sering kita temui adalah magic com. Sekitar tahun 90-an ibu-ibu rumah tangga belum banyak yang menggunakan magic com untuk memasak nasi tapi mereka masih menggunakan wajan yang lebih murah, dan karena memang sudah terbiasa menggunakannya. Namun seiring berjalannya waktu magic com yang masuk ke Indonesia pun bertambah banyak dengan merk-merk dari dalam atau luar negeri dan harganya pun sudah tidak semahal dulu. Sehingga Ibu-ibu RumahTangga bisa memasak nasi dengan efektif dan efisien apalagi bagi Ibu-ibu karier, karena sebelum berangkat ke kantor mereka bisa memasak nasi tanpa harus di control karena mesin magic com akan otomatis mati bila nasi sudah matang.


22.      ISI

Bukan hanya kalangan Ibu-ibu Rumah Tangga saja yang bisa merasakan manfaat dari kecanggihan teknologi tapi dari kalangan mahasiswa juga merasakan manfaat dari kecanggihan teknologi, salah satunya teknologi dalam hal gadget. Sekarang perusahaan gadget menawarkan gadget bukan hanya untuk menelepon, mengirim pesan, game, atau menyimpan kontak namun lebih menawarkan pada aplikasi-aplikasi yang disediakan. Dulu mahasiswa bila ingin mencari tugas kuliah dari mesin serba tahu atau google harus menggunakan komputer dan menggunakan kabel telepon agar bisa terhubung dengan layanan internet, atau pergi ke warnet bila memang tidak mempunyai komputer. Tapi sekarang mahasiswa tidak perlu bersusah payah lagi karena dari handphone saja mahasiswa bisa mengakses internet, handphone jelas lebih efisien dari laptop karena bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk di bawa kemana saja dan dapat digunakan dimana saja. Selain dapat mengakses internet, gadget pun dapat menyimpan file yang telah kita cari berupa file native atau pdf, dan menyimpannya langsung di gadget nya tanpa harus menggunakan flashdisk. Bahkan sekarang ini dengan gadget seseorang bisa mencari letak suatu tempat, google map salah satu aplikasi peta yang bisa diandalkan. Google map juga bisa digunakan menggunakan gadget, biasanya google map digunakan mahasiswa untuk mencari lokasi toko buku bila ingin mencari buku-buku. Gadget memang tidak bisa lepas dari kalangan mahasiswa, apalagi gadget yang sekarang memang di rancang lebih canggih dan bentuknya lebih praktis sehingga sangat membantu bagi mahasiswa untuk berkomunikasi. Namun ada beberapa mahasiswa yang malah menyalahgunakan atau memanfaatkan kecanggihan dari gadget. Salah satu contoh kasus yang terjadi di kalangan mahasiswa dari acara berita di televisi yang pernah saya lihat, ada beberapa mahasiswa menggunakan handphone yang memiliki kamera video untuk merekam adegan laki-laki dan wanita yang memang tidak pantas untuk di tonton apalagi untuk anak-anak di bawah umur.

33.      PENUTUP

Kecanggihan teknologi bagi kalangan mahasiswa memang sangat bermanfaat namun jangan sampai kecanggihan tersebut disalahgunakan. Banyak sisi positif dari kecanggihan gadget yang ada sekarang ini, dan adapula sisi negatifnya. Kita sebagai mahasiswa yang berpendidikan tentu bisa menggunakan gadget dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, karena kecanggihan gadget bisa kita pakai dalam hal positif atau negatif tapi itu semua tergantung dari diri kita masing-masing, kita manfaatkan kecanggihan gadget dengan tujuan positif atau negatif? Hanya diri kita yang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar